Dekat dengan Masyarakat, Babinsa Koramil 04/Pasir Penyu ini ajak Warga Goro Bikin Pos Ronda



INHU – Peran Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Pedesaan  sangat penting mengingat mereka berada di ujung terdepan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, para Babinsa bisa memahami masalah yang ada di sekitarnya dan bertindak sigap dan cepat jika ada masalah-masalah yang terjadi di desa.

Seperti yang sudah dilakukan oleh Koramil 04 Pasir Penyu melalui Babinsa Desa Plangko, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau, Kopral Kepala (Kopka) Amri S mengajak warga Binaan Gotong Royong (Goro) untuk Pembuatan Pos Ronda, Selasa (9/7/2019).

"Kemampuan Babinsa yang ada di desa sangat penting sekali. ketemu cepat, lapor cepat. Setiap hal. Jangan sampai ada hal yang terjadi di sebuah desa kita enggak ngerti. Keliru besar kita. Seyokjanya kalau perlu jarum jatuh di desa itu pun sudah harus ngerti, sudah harus tahu, di mana jarum itu jatuh, apakah di sungai, jerami atau sawah, tugas paling penting itu," kata Danramil 04/PP Kapten Inf HB Sitepu, melalui Batuud Serma Edi Wandra.

Batuud menuturkan jangan sampai masalah kecil dibiarkan hingga menjadi besar dan tidak terkendali, terutama yang berkaitan dengan terorisme. Demikian juga jika ada orang asing yang masuk ke desa agar Babinsa mengetahui hal tersebut.

"Jangan sampai ada orang luar masuk sama sekali tidak diketahui, tahu-tahu buat kegiatan. Inilah tugas saudara semua agar hal kecil seperti itu. Temu cepat, lapor cepat sehingga cepat diselesaikan. Terutama yang berkiatan dengan terorisme. Jangan sampai kalau sudah membesar menyelesaikannya sulit," jelasnya.

Menanggapi kegiatan gotong royong ini dalah satu warga masyarakat Pak Marsal berharap kerjasama antara masyarakat kami dengan pak Babinsa mudah2an tatap berlanjut, harapan kami tidak cukup sampai disini semoga kedepannya kita selalu dapat bekerja bahu membahu.

Menanggapi hal tersebut Tokoh Masyarakat Kelayang, Marsal memberikan apresiasi atas kinerja TNI yang bisa menjaga stabilitas politik dan keamanan di wilayah teritorialnya bisa Stabilitas tak akan bisa terjadi apabila TNI solid bertugas di Desa.

"Stabilitas seperti itu penting. Stabilitas keamanan akan mempercepat keamanan di negara kita. Tanpa stabilitas politik, stabilitas keamanan lupakan yang namanya pembangunan, akan sulit. Sehingga selain kemampuan manajemen teritori juga penguasaan wilayah harus mengerti betul, detail. Kemampuan komunikasi sosial, berinteraksi dengan masyarakat, dengan bahasa enak, pendekatan dengan masyarakat sehingga rakyat jadi sebuah kekuatan dalam menghadapi ancaman yang datang," tuturnya. (Julfi Hendra). 
Sumber : http://spiritriau.com/view/Nusantara/135823/Dekat-dengan-Masyarakat–Babinsa-Koramil-04-Pasir-Penyu-ini-ajak-Warga-Goro-Bikin-Pos-Ronda.html
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...