Buya Gazali : Empat Pilar Adalah Konsensus Ulama Untuk Bangsa



Implementasi Empat pilar kebangsaan harus terus disosialisasikan terhadap semua kalangan. Mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda. Hal ini disampaikan langsung oleh Anggota DPD RI asal Riau, Muhammad Gazali, saat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di Pekanbaru, Senin (25/11).

“Empat pilar kebangsaan itu menjadi pondasi bangsa kita dan sampai saat ini tetap relevan. Menjadi sunatullah bahwa kita lahir dan hidup di Negara Indonesia, yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, agama, bahasa, ras dan golongan. Perbedaan tersebut bila di sikapi dengan salah maka akan menimbulkan perpecahan, sedangkan bila disikapi dengan benar maka akan menjadi suatu kekuatan dalam membangun bangsa” tuturnya.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Riau Cemerlang ini, juga disampaikan bahwa sebagai umat Islam, sudah seharusnya bersyukur dan menegakkan 4 pilar yang ada di Indonesia. Sebab, sejarah mengukir bahwa tokoh-tokoh Islam punya peran yang kuat dalam hal ini.

“Kita umat islam yang menjadi bagian dari warna warni Bangsa Indonesia harus bersyukur akan adanya 4 Pilar Kebangsaan. Islam dan 4 Pilar ini bagi kita umat islam tidak perlu dipertentangkan, ini konsensus ulama untuk bangsa. Karena sejarah mencatat bahwa Pancasila yang tercantum dalam UUD 1945 tidak bisa dilepaskan dari dari peran tokoh-tokoh Islam. Diantaranya; K.H. Abdul Wachid Hasyim, Ki Bagus Hadikusumo, Teuku Moh. Hassan dan Kasman Singodimejo. “ jelasnya.

Pria yang akrab disapa Buya Gazali ini juga mengungkapkan bahwa dalam Al-Qur’an, berbangsa dan bernegara hanyalah sebagai alat untuk semakin dekat kepada Allah ta’ala.

“Berbangsa dan bernegara menurut Al-Qur`an hanya sebagai alat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, oleh karena itu berbangsa dan bernegara harus diyakini merupakan salah satu ibadah yang tidak kalah pentingnya dengan ibadah-ibadah yang lainnya,” pungkasnya.

Sumber : http://wajahriau.com/buya-gazali-empat-pilar-adalah-konsensus-ulama-untuk-bangsa/
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...