Bupati Bengkalis Hadiri Pengukuhan dan HUT Pertama KBRC DPD Kabupaten Bengkalis



BENGKALIS, MANDAU,- Bupati Bengkalis di wakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra menghadiri acara Pengukuhan dan HUT yang Pertama Keluarga Besar Rang Caniago (KBRC) DPD Kabupaten Bengkalis, bertempat di Aula Kantor Camat Mandau, Ahad (15/11/2019).

Dalam sambutanya Heri menyampaikan suku chaniago adalah suku/marga yang dibawa oleh datuk perpatih nan sebatang yang merupakan salah satu suku induk di Minangkabau selain suku koto, suku piliang dan suku bodi. 

“Suku chaniago memiliki falsafah hidup demokratis, dengan menjunjung tinggi falsafah “bulek aia dek pambuluah, bulek kato dek mufakat. Nan bulek samo digolongkan, nan picak samo dilayangkan” artinya: bulat air karena pembuluh, bulat kata karena mufakat, dengan demikian pada masyarakat suku chaniago semua keputusan yang akan diambil untuk suatu kepentingan harus melalui suatu proses musyawarah untuk mufakat, ” ungkap Heri. 

Selanjutnya Heri Berharap dengan dibentuknya kepengurusan keluarga besar rang caniago (KBRC) DPD Kabupaten, dapat bersama Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya, serta pemangku kepentingan untuk dapat memajukan, mengembangkan ekonomi dan penguatan adat dan budaya sesuai filosofi adat basandi syara', syara' basandi kitabullah di ranah dan rantau, dalam menghadapi pengaruh globalisasi kompetensi dan persaingan, yang senantiasa berhadapan dengan adat dan budaya itu sendiri.

“Kami berpesan kepada pengurus keluarga besar rang caniago (KBRC) DPD Kabupaten Bengkalis dalam menjalankan keorganisasian, para pengurus harus memperhatikan faktor-faktor penentu keberhasilan dalam berorganisasi, diantaranya mengoptimalkan kepengurusan yang handal dan kompak, menyusun program yang sejalan dan harmoni dengan program pemerintah daerah setempat serta selalu berkoordinasi dengan stakeholder dan terutama pemerintah daerah, karena bagi pemerintah Kabupaten Bengkalis KBRC adalah lembaga yang diharapkan mampu dan mau membantu Pemerintah,” pesan Heri. (rul/hms).


Sumber: https://riauone.com/riau/Bupati-Bengkalis-Hadiri-Pengukuhan-dan-HUT-Pertama-KBRC-DPD-Kabupaten-Bengkalis
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...