Buka Rakorda, Bupati Mursini Berharap Baznas Dikelola Secara Moderen


TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM- Bupati Kuantan Singingi H. Mursini berharap dengan adanya Rakorda Baznas se-Provinsi Riau peran Baznas di semua tingkatan baik di kabupaten/kota bisa menjadi organisasi yang moderen dan maju.

“Sehingga dengan demikian eksistensinya (Baznas) akan semakin dibutuhkan, baik oleh masyarakat ataupun pemerintah,” kata H. Mursini pada rakorda Baznas se Riau, di Teluk Kuantan, Jumat (15/11).

Mursini mengatakan, dengan kegiatan Rakorda Baznas ini dapat membawa pembaharuan dalam pengelolaan, pengawasan serta melakukan pendayagunaan terhadap zakat bagi masyarakat.

“Dapat kita ketahui bersama, bahwa sebagai lembaga pengelola zakat, Baznas telah memberikan kontribusi dalam pembangunan,” ujarnya.

Menurut Mursini, hal ini mengindikasi begitu besar peran Baznas sebagai pengelola zakat dalam membantu fakir miskin dan orang yang tidak mampu secara lahiriyah dan bathiniyah.

“Dalam rangka memaksimalkan peran dan fungsi lembaga pengelolah zakat, tentunya harus dikelola sebaik mungkin,” harap orang nomor satu di Kuansing ini.

Dijelaskan, tidak cukup sampai disitu, lembaga pengelolaan zakat juga harus akuntabel. Yaitu amanah terhadap kepercayaan yang diberikan oleh muzakki (pemberi zakat).

“Dan tentunya juga amanah dalam mendistribusikan zakatnya kepada Mustahiq (penerima zakat) dalam arti tepat sasaran dan tepat guna,” tuturnya.

Mursini mengingatkan, lembaga pengelolah zakat yang berkualitas akan mampu mengelolah zakat yang ada secara efektif dan efisien.

“Program-program penyaluran zakat harus benar-benar menyentuh mustahiq dan memiliki nilai mamfaat. Lembaga pengelola zakat juga harus bersikap responsif terhadap kebutuhan mustahiq (penerima zakat) dan muzakki (pemberi zakat),” jelas Mursini.

Hal ini, sebutnya akan mendorong amil zakat untuk bersikap proaktif, antisipatif, inovatif dan kreatif sehingga tidak hanya bersifat pasif dan reaktif terhadap fenomena sosial yang terjadi.

“Selain itu, seluruh pengelola zakat tetap berada dalam hukum islam. Tentunya hal ini sejalan dengan asas-asas pengelolaan zakat,” pungkasnya.

Rakorda Baznas se Provinsi Riau di Kuansing dibuka oleh Gubernur Riau diwakili Karo Kesra Setdaprov Riau didampingi Bupati Kuansing dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau.(hendri)


Sumber : http://riaugreen.com/view/Kuansing/45846/Buka-Rakorda–Bupati-Mursini-Berharap-Baznas-Dikelola-Secara-Moderen.html
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...