Berawal dari Magang, Mahasiswi UNRI Ini Sukses Menjadi Presenter di TV Lokal


DATARIAU.COM – Mahasiwi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau angkatan 2015, Ayu Wulandari saat ini sudah memasuki semester delapan. Semester ini menjadi semester akhir pendidikannya.

Berawal dari magang atau job training di salah satu stasiun televisi lokal, Ayu memulai karirnya sebagai presenter televisi. Magang ini menjadi salah satu mata kuliah di Ilmu Komunikasi Universitas Riau.

Sebelum melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Ayu telah menetapkan pilihannya untuk mengasah kemampuan yang diperoleh selama masa kuliah di salah satu stasiun televisi lokal yaitu RTV (Riau Televisi).

“Saya salah satu mahasiswa yang diterima magang di RTV, saya berharap berawal dari pengalaman kerja yang saya dapatkan di RTV ini, menjadi langkah awal untuk meraih mimpi ke depannya. Selain itu dengan bekerja di sini bisa membangun brand image saya untuk menjadi seorang presenter di tingkat nasional,” ujar Ayu, kemarin.

Ayu memilki hobby berbicara di depan kamera. Saat KKN Ayu sudah mulai menjadi pembawa acara di setiap acara yang diadakan. Ayu pun sudah terlatih menjadi reporter di beberapa program kerja yang mereka buat pada saat itu.

Pada tanggal 14 Oktober 2018 lalu Ayu menjadi presenter tetap di RTV. Awalnya Ayu memilih magang di divisi yang sesuai dengan konsentrasi yang diambilnya, yaitu manajemen komunikasi. Adapun divisi yang menjadi sasaran awal adalah divisi program, creative, and production house, dan berhasil ditempatkan di ruangan program dan creative.

Pekan kedua magang disaat mentor lapangan membutuhkan kru tambahan untuk membantu di studio RTV, Ayu menjadi salah satu yang diajak untuk berkontribusi di studio sebagai floor director. Hal ini membuat Ayu sering memperhatikan pembawa acara yang bekerja sehingga muncul ketertarikan akan profesi tersebut.

“Kebetulan hari itu pertama kalinya saya masuk ke ruangan studio. Saat itu saya sangat menikmati tugas tersebut. Saya memperhatikan cara pembawaan dari masing-masing pembawa acara, sejak saat itu ada nada ketertarikan di diri saya untuk melakukan hal yang sama. Kebetulan penawaran mengisi suara di beberapa program siaran tunda sudah mulai saya terima,” ujar Ayu saat ditanya awal muncul keinginan menjadi presenter.

Memasuki pekan ketiga, Ayu mendapat tawaran untuk tampil di acara Bursa Niaga dengan sistem casting secara tandon atau duet dengan host yang lama.

Casting tersebut berlangsung selama dua pekan. Ayu berhasil memberikan penampilan yang membuat produser puas terhadap caranya menjadi seorang presenter. Hal ini membuat Ayu diminta untuk membawakan program secara solo.

Ayu memberikan beberapa cara untuk menjadi seorang presenter. “Punya wawasan luas itu penting apalagi di dunia penyiaran, kita juga harus memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi. Selain itu kita harus jeli di setiap kesempatan yang datang karena kesempatan belum tentu datang dua kali,” tutup Ayu. (des/vin)

(*) Berita kutipan sebaiknya dibaca langsung dari sumber berita melalui link yang kami lampirkan di akhir berita. Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 081276887672 atau email: [email protected]

Sumber: https://datariau.com/pendidikan/Berawal-dari-Magang–Mahasiswi-UNRI-Ini-Sukses-Menjadi-Presenter-di-TV-Lokal قالب وردپرس
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...