Bantuan Sembako Murah di Tualang Siak Diduga Tak Tepat Sasaran


SIAK, datariau.com – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Siak, Riau, pada Selasa (10/12/2019) kemarin. Telah menyalurkan bantuan sembako murah tahap II khususnya di Kecamatan Tualang.

Penyaluran bantuan sembako murah tahap II tersebut, terdapat kejanggalan dan diduga tidak tepat sasaran, soalnya pembagian kupon bantuan sembako murah ini terlihat dari seorang warga di salah satu desa/kelurahan di Kecamatan Tualang yang membawa 3 karung beras dan bingkisan.

“Aahh…itu lihat pakai mobil dapat jatah miskin,” tunjuk warga yang melintas dan melihat tiga orang warga membawa beras dan bingkisan keluar dari aula penumpukan sembako murah di salah satu desa/kelurahan di Kecamatan Tualang, Rabu (11/12/2019) siang.

Untuk memastikan, wartawan ini mencoba mengambil gambar dan moment langka tersebut, sekaligus ingin mempertanyakan darimana menerima kupon bantuan sembako murah dari Disperindag Kabupaten Siak itu, warga tersebut keburu pergi dan menghidupkan kendaraannya.

Dari pantauan datariau.com, Rabu (11/12/2019) siang, di lokasi penyerahan bantuan itu, tampak terlihat warga desa/kelurahan hilir mudik untuk mengantikan kupon sembako murah itu kepada petugas yang menunggu kedatangan setiap warga yang hendak menukarkan kupon tersebut.

“Bantuan ini diperuntukan bagi masyarakat miskin yang telah terdata di desa/kelurahan dan nama-namanya pun sudah ada, dari Dinas Sosial kemudian diteruskan ke kecamatan yang selanjutnya ke desa/kelurahan,” sebut Kepala Disperindag Kabupaten Siak Wan Ibrahim melalui sambungan kontak seluler yang terhubung, pada Rabu (11/12/2019) siang.

Hal senada juga di utarakan Kasi Pengawas Disperindag Kabupaten Siak Budi menyebutkan bantuan tersebut sebenarnya disalurkan kepada masyarakat rumah tangga tepat sasaran yang termasuk di dalam data dari Dinas Sosial.

“Terdapat empat golongan (kategori) yang mendapatkan bantuan ini bang, seperti sangat miskin, miskin, hampir miskin dan rentan miskin lainnya bang,” ujarnya.

Dijelaskan Budi lagi, jadi begini bang itukan data yang diberikan Dinas Sosial itukan sudah By name dan By addres, dan kami mengambil data dari situ bang. Dan itukan data masyarakat miskin yang di akui di Kabupaten Siak.

“Data itupun usulan dari fasilitator desa/kelurahan, dan ternyata didalam data itupun masih ada data masyarakat yang meninggal, sudah ada yang pindah dan sudah ada yang mampu. Kalau untuk data kami tak ikut serta bang, kami ambil data dari Dinas Sosial,” akuinya.

Selain itu, kata Budi, data itukan sudah resmi bang, makanya kami serahkan kebijakan ini kepada desa/kelurahan masing-masing. “Sebelumnya kami juga sudah adakan sosialisasi, bagi yang sudah meninggal diserahkan ke ahli warisnya, setelah itu kami serahkan kembali kepada desa/kelurahan untuk tentukan yang berhak menerima ini bang,” pungkasnya.

Akan tetapi, nanti dibuatkan berita acaranya dan dituangkan dalam pergantian nama yang selanjutnya dikerahui oleh Camat setempat dan yang termasuk tidak mampu.

Sementara itu, setelah foto mobil Karimun merah maron BM 1519 VE tersebut tersebar di media sosial Facebook, wartawan ini mendapat telepon dari salah seorang RT. Dari pengakuannya bahwa kendaraan itu digunakan sekedar untuk menjemput sembako dan akan dibagikan kepada warga setempat.

“Itu mobil bapak TG, tadikan aku ambil beras di kantor desa/kelurahan punya masyarakat, dan akan dipecah (dibagi-bagi) menjadi tiga belas dan dibagikan rata kepada warga, dan saya ambil uang dari warga sesuai harga sembako tadi perkilonya,” jelasnya.

Menurutnya, warga di lingkungan RT tempatnya tinggal saat ini terdapat lebih kurang 200 kepala keluarga.

Sebelumnya, pantauan wartawan ini di lokasi tersebut, pada Rabu (11/12/2019) siang. Dugaan dalam kendaraan itu terlihat membawa sebanyak 3 paket sembako murah bantuan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Siak bertuliskan (berlogo) Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Editor: Redaksi

Wartawan datariau.com dilarang menerima uang untuk mempengaruhi berita. Hubungi kami jika ada berita tidak sesuai fakta. Pemimpin Redaksi: 081276887672 atau email: [email protected]

Sumber: https://datariau.com/berita/Bantuan-Sembako-Murah-di-Tualang-Siak-Diduga-Tak-Tepat-Sasaran قالب وردپرس
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...