Awet Seharian, Cara Bikin Foundation Tahan Lama untuk Kulit Wajah Berminyak


Suara.com – Foundation menjadi salah satu makeup item yang wajib dipakai saat memakai riasan. Biasanya, bagi kulit wajah berminyak, memilih foundation yang tepat memang menjadi urusan yang tak mudah.

Di bawah ini ada beberapa cara agar foundation tahan lama dan awet seharian untuk kulit yang berminyak. Penasaran apa saja?

1. Gunakan pelembap

Punya tipe kulit wajah berminyak bukan berarti Anda tak perlu mengoleskan pelembap. Justru produk pelembap menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kulit wajah berminyak.

Kondisi wajah yang lembap otomatis akan dengan sendirinya mengurangi produksi sebum pada wajah. Tak hanya rutin dipakai setiap hari, moisturizer juga wajib kamu aplikasikan pada wajah sebelum menggunakan makeup.

Pemakaian moisturizer juga dapat membantu makeup kamu, terutama foundation bertahan lama pada wajah, apalagi kamu yang memiliki tipe kulit berminyak.

2. Pilih primer yang tepat

Pemakaian primer sebagai base makeup juga tak boleh dilewatkan demi foundation yang tahan lama. Primer akan membuat ketahanan makeup jadi lebih maksimal.

Pilih primer yang dilengkapi dengan formula khusus untuk kulit berminyak, salah satunya yang mengandung powder untuk mengontrol produksi sebum pada wajah.

Selain itu, pilihlah primer yang bersifat non-comedogenic untuk mencegah munculnya jerawat yang rentan terjadi pada kulit wajah berminyak.

Awet Seharian, Cara Bikin Foundation Tahan Lama untuk Kulit Wajah Berminyak - 2
Ilustrasi memakai primer. (Shutterstock)

3. Pilih water based foundation

Karena tipe kulit kamu berminyak, hindari memilih foundation yang berbahan dasar minyak (oil based). Sebaliknya, pilihlah foundation yang memiliki bahan dasar air (water based).

Selain mampu membuat makeup bertahan lebih lama pada wajah, water based foundation juga dapat mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah yang berminyak.

Smith & Cult Veiled Threat Weightless Micro-Blurring Foundation. (Instagram/@smithandcult)
Smith & Cult Veiled Threat Weightless Micro-Blurring Foundation. (Instagram/@smithandcult)

4. Akhiri dengan powder dan setting spray

Khusus untuk yang memiliki tipe kulit wajah berminyak, pengaplikasian powder dan setting spray sebagai langkah akhir makeup menjadi hal wajib yang tak boleh dilupakan.

Membantu mencegah wajah yang mengilap akibat minyak berlebih, powder memberikan hasil akhir makeup yang matte dan flawless. Sementara, setting spray menjadi ‘penutup’ yang dapat membuat riasan wajah menjadi lebih tahan lama.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/11/08/170000/awet-seharian-cara-bikin-foundation-tahan-lama-untuk-kulit-wajah-berminyak
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...