Antusias Warga Ikuti Rekrutmen Panwascam di Rohul Turun


PASIR PENGARAIAN (CAKAPLAH) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, Rabu (4/12/2019) dini hari resmi menutup pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Rohul tahun 2020 mendatang.

Sejak dibuka 27 November 2019 dan ditutup Rabu dini hari tadi, Bawaslu Rohul telah menerima sebanyak 271 berkas pendaftaran calon anggota Panwascam dari 16 kecamatan di Rohul.

Meski demikian antusias masyarakat Rohul untuk berpartisipasi dalam rekrutmen Panwascam pada Pilkada Serentak 2020 turun sebesar 25 persen dibandingkan rekrutmen Panwascam pada Pilkada Gubernur Riau pada tahun 2018 lalu.

Komisioner Bawaslu yang juga Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam Pilkada Serentak, Gumer Siregar, Rabu (4/12/2019) membenarkan terkait turunnya minat masyarakat dalam mengikuti rekrutmen Panwascam pada Pilkada Rohul 2020.

“Dilihat dari berkas yang masuk, pada pilkada Serentak tahun 2020 terjadi penurunan peminat dibandingkan Pilgubri 2018 dimana pada saat itu jumlah masyarakat yang mengikuti rekrutmen Panwascam itu mencapai 327 peserta,” ucap Gumer.

Gumer menjelaskan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi turunnya minat antusias masyarakat dalam mengikuti rekrutmen Panwascam seperti faktor bencana alam yang melanda sebagian wilayah Rohul hingga sistem rekrutmen Panwascam yang tahun ini lebih ketat.

“Secara teknis untuk syarat tidak ada perubahan dari rekrutmen Panwascam tahun 2018, malah pada rekrutmen Panwascam Pilkada 2020 ini, syarat KTP pelamar bisa lintas kecamatan, sementara pada Pilgubri 2018, pelamar hanya boleh mendatar di daerah sesuai alamat KTP-nya,” jelas Gumer.

Selain itu, untuk sosialisasi rekrutmen Panwascam pada Pilkada 2020 ini Bawaslu Rohul sudah melakukannya hingga ke desa-desa. Sementara pada Pilgubri 2018 sosialisasi hanya dilakukan sampai tingkat kecamatan.

“Dari asumsi kami, penurunan antusias masyarakat ikut rekrutmen Panwascam ini dikarenakan sistem tesnya tidak lagi memakai tes tertulis, namun memakai sistem CAT Secoratif yang dilakukan serentak oleh Bawaslu RI di daerah yang melaksanakan Pilkada serentak. Jadi kami kira ada semacam ketidakpercayaan diri pelamar bisa lulus mengikuti sistem ujian yang baru pertama kali diterapkan dalam rekrutmen Panwascam,” jelasnya.

Disinggung apakah penurunan minat antusias masyarakat karena insiden banyaknya petugas pemilu yang meninggal dunia pada Pemilu 2019. Gumer juga tidak menampik. Namun hal itu menurutnya hanya tidak begitu berpengaruh.

Setelah resmi ditutup, rekrutmen Panwascam Pilkada Rohul 2020 akan memasuki tahapan verifikasi berkas. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi aAdministrasi akan diumumkan pada tanggal 12 Desember 2019.

Mereka yang lolos nantinya akan mengikuti Ujian CAT Secortif yang akan dilaksanakan Bawaslu selama 5 hari di Kampus STAI Tuanku Tambusai mulai tanggal 14-18 Desember 2019.

“48 Anggota Panwascam yang lulus tes CAT Secoratif akan langsung diumumkan pada hari yang sama,” jelas Gumer.

Sementara untuk pelantikan Panwascam, direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 20 atau 21 Desember 2019.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2019/12/04/antusias-warga-ikuti-rekrutmen-panwascam-di-rohul-turun/
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...