Akun Facebook DIbajak untuk Sebar Hoax, Lakukan 4 Langkah Penting Ini Agar tak DIjerat Hukum


RIAU24.COM –  JAKARTA – Memanasnya situasi politik menjelang Pilpres cukup terasa di dunia maya. Aksi tidak terpuji membajak akun media sosial yang digunakan untuk menyebar fitnah menjadi salah satu modus yang dilakukan para buzzer politik.

Sebagai salah satu platform media sosial terbesar, Facebook termasuk sasaran favorit para peretas. Berkaitan dengan hal tersebut, Facebook mengingatkan pengguna untuk selalu menjaga akses akun masing-masing. Namun demikian, media sosial raksasa besutan Mark Zuckerberg itu mengatakan akan selalu ada risiko peretas bisa mengambil alih akun pengguna.

Untuk itu Facebook memberikan beberapa tips jika akun Facebook Anda diretas. Berikut ini hal yang harus pengguna lakukan jika akun Facebook diretas dan setelah mendapatkan akun kembali:

1. Laporkan!

Jika tiba-tiba Anda tidak dapat mengakses akun, ada kemungkinan peretas telah menghapus akun atau mengubah detail login. Pengguna bisa mengecek https://www.facebook.com/hacked dan laporkan akun yang disusupi tersebut.

Facebook akan membantu untuk mendapatkan akun Anda kembali, dengan mencari akunmu menggunakan alamat email atau nomor telepon terkait.

2. Lindungi kata sandi

Memilih kata sandi yang tepat dapat membantu menjaga keamanan akun Anda, tidak hanya berlaku untuk Facebook, tetapi akun-akun sosial lainnya juga. Sebaiknya, kata sandi terdiri atas kombinasi huruf dan angka. Hindari penggunaan nama anggota keluarga atau pun hari ulang tahun.

3. Keamanan ganda

Aktifkan two factor authentication untuk perlindungan ekstra. Ketika fitur itu diaktifkan, maka Anda akan menerima notifikasi bila ada seseorang yang berusaha masuk ke akun Anda dari perangkat yang tidak dikenali pengelola sistem. Fitur two-factor authentication dapat ditemukan di opsi pengaturan, lalu pilih login dan keamanan.

4. Pilih orang yang dapat dipercaya

Anda lupa kata sandi? Pilih tiga sampai lima orang anggota keluarga yang dapat dipercaya untuk menerima kode khusus. Hubungi mereka untuk mendapatkan kode tersebut agar Anda dapat kembali mengakses akun Facebook.

“Kami juga merekomendasikan untuk memberitahukan teman Anda bahwa akun Anda disusupi dan meminta mereka untuk tidak mengakses atau mengklik tautan dan postingan yang mencurigakan dari akun tersebut,” kata Facebook dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (16/4/2019) seperti dilansir okezone.***

 

R24/bara



Sumber : http://riau24.com/berita/baca/1555398176Akun-Facebook-DIbajak-untuk-Sebar-Hoax-Lakukan-4-Langkah-Penting-Ini-Agar-tak-DIjerat-Hukum
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...