5 Fakta Menarik Yusril Ihza Mahendra, Nomor 1 Mengejutkan



Suara.com – 5 Fakta Menarik Yusril Ihza Mahendra, Nomor 1 Mengejutkan.

Nama Bambang Widjojanto dan Yusril Ihza Mahendra menjadi hot topik karena masing-masing menjadi ketua tim pengacara dalam sidang sengketa pemilu 2019.

Menghadapi gugatan dari sengketa Pemilu 2019, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menunjuk pengacara Yusri Ihza Mahendra sebagai Ketua Tim Hukum TKN. Sedangkan, mantan pimpinan KPK Bambang Widjojanto (BW) dan Denny Indrayana digaet menjadi pengacara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Pencarian berita dan sosok Yusril Ihza Mahenda kian mencuri perhatian netizen. Berikut fakta menarik soal Yusril Ihza Mahendra yang dirangkum Suara.com dari berbagai sumber.

1. Menulis pidato berhentinya Soeharto

Mengingat saat menjadi mahasiswa, Yusril salah satu aktivis kampus yang vokal menentang kebijakan pemerintahan Soeharto. Namun pada 1990, Yusril justru diajak bergabung dalam pemerintahan Soeharto sebagai penulis pidato Presiden dan membuat draft surat Presiden.

Surat-surat Presiden yang dibuat Yusril tidak hanya ditujukan untuk lembaga-lembaga negara namun juga untuk pemimpin-pemimpin negara lain.

2. Tampil nyentrik pakai kaos Mickey Mouse

Yusril menerangkan alasan sering memakai baju bergambar tokoh kartun yang disenangi anak-anak tersebut. Menurutnya, hal itu lantaran anaknya sangat suka dan senang jika dia memakai baju kaos bergambar kartun tikus tersebut. Ia mengakui mulai dari bepergian santai, hingga menjadi baju tidur, Yusril kerap menggunakan kaos Mickey Mouse.

3. Berjiwa Seni

Selain arsitektur, Yusril juga hobby mengkoleksi benda-benda seni. Ia merupakan kolektor keramik, keris dan lukisan. Koleksinya pun sudah cukup banyak dan merupakan karya-karya seniman besar di Indonesia.

Yusril mengaku memiliki 5 ribu keramik dan 50 lukisan-lukisan seniman terkenal. Beberapa di antaranya adalah karya Raden Saleh, Affandi dan Hendra Gunawan. Sebagai informasi, jiwa seni Yusril memang sudah tumbuh sejak SMP (Sekolah Menengah Pertama) ketika dia aktif bermain drama. Dirinya lebih dahulu berkecimpung di dunia seni dibanding dunia hukum. 

4. Profesor di UI

Sebelum terkenal menjadi pengacara kenamaan dan politisi, Yusril berangkat dari latar belakang akademis yakni Pengajar di Universitas Indonesia untuk mata kuliah Hukum Tata Negara, Teori Ilmu Hukum, dan Filsafat Hukum.

Dari UI-lah, Yusril memperoleh titel Guru Besar Ilmu Hukum dan menyandang gelar Profesor.

5. Cuitan Kontroversi

Yusril diketahui bergabung di Twitter sejak Desember 2011. Yusril kerap melempar pandangan dan kritikan terhadap isu-isu politik yang beredar. Tak jarang, kicauannya pun kerap menimbulkan kontroversi. Bahkan tak jarang, Yusril terlibat perang tweet dengan tokoh-tokoh politik lain. 


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/06/19/200500/jadi-hot-topik-soal-sidang-mk-berikut-fakta-menarik-yusril-ihza-mahendra
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...